Logo FEKON2

DESKRIPSI MATAKULIAH

FAKULTAS EKONOMI

Program Studi : 53/Ekonomi Pembangunan (S1)

 

Kelompok Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan

 

 

ESPA4110, Pengantar Ekonomi Makro, 3 sks 

 

Mata kuliah ini membahas pengenalan konsep dasar tentang pembentukan Pendapatan Nasional yaitu: penawaran dan permintaan agregatif dan interaksi antara keduanya. Pembahasan penawaran agregatif meliputi pasar tenaga kerja, dan fungsi produksi agregatif. Pembahasan permintaan agregatif mencakup teori mengenai pengeluaran konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, ekspor dan impor. Dibahas pula teori permintaan akan uang, faktor penentu jumlah uang beredar dan teori lalu lintas modal antarnegara.

 

 

 

ESPA4111, Pengantar Ekonomi Mikro, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas konsep dasar ekonomi dilihat dari sisi mikro yang meliputi teori perilaku konsumsi baik dengan pendekatan kardinal maupun dengan pendekatan ordinal, teori produksi dan struktur pasar baik pasar persaingan sempurna, pasar monopoli dan pasar persaingan tidak sempurna. Selain itu juga menggunakan analisis grafik, diagram dan juga matematik.

 

 

 

ESPA4122 Ma­te­matika Ekonomi

Mata kuliah ini meliputi materi tentang himpunan dan sistem bilangan, pangkat, akar, logaritma, serta banjar dan deret, fungsi, penggunaan fungsi dalam ekonomi, fungsi nonlinear, penggunaan fungsi nonlinear, limit dan turunan fungsi, penggunaan turunan dalam ekonomi, maksimum dan minimum dalam suatu fungsi.

 

 

 

ESPA4123 Sta­tis­tika Ekonomi, 3 sks

 

Mata kuliah ini meliputi materi tentang konsep dasar statistika, ukuran tendensi pusat dan ukuran letak, ukuran penyimpangan, konsep probabilitas, distribusi probabilitas normal, dan binomial, teori cuplikan (sampling), estimasi (pendugaan statistik), uji hipotesis, analisis varian, angka indeks. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4122 (Matematika Ekonomi ).

 

ESPA4221 Teo­ri Ekonomi Mikro

 

 

Mata kuliah ini membahas konsep dasar mikro ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, maksimisasi profit perusahaan pada pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna, pasar faktor produksi struktur pasar, ketidakpastian dan informasi, eksternalitas dan barang publik, keseimbangan umum dan kesejahteraan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro), ESPA4222 (Matema­tika Ekonomi dan Bisnis).

 

 

 

ESPA4224 Statistika Ekonomi dan Bisnis, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas teori regresi, analisis regresi, regresi berganda, inferensia regresi Ordinary Least Square (OLS), asumsi-asumsi regresi Ordinary Least Square (OLS), analisis runut waktu dan analisis tren linier, chi square, teori bayes, teori keputusan . Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4123 (Statistika Ekonomi).

 

 

 

ESPA4226 Ekonomi Internasional

 

Mata kuliah ini membahas arti, ruang lingkup, manfaat ekonomi: ekonomi internasional, merkantilisme dan teori klasik, teori perdagangan modern, teori perdagangan baru, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, kebijakan perdagangan internasional, kerjasama dan integrasi ekonomi, kebijakan perdagangan di negara berkembang, perpindahan sumber daya dan perusahaan multinasional. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4111 (Pengan­tar Eko­no­mi Mikro), ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro).

 

 

ESPA4217 Ekono­mi Moneter, 3 sks

 

Mata kuliah ini mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan ekonomi moneter dimulai dari pengertian uang, lembaga-lembaga keuangan, kebijakan fiskal dan moneter, teori inflasi dan tingkat bunga, kebanksentralan serta neraca pembayaran internasional. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro).

 

 

 

ESPA4219, Ekonomi Perencanaan, 3 sks  

 

Mata kuliah ini membahas berbagai aspek tentang perencanaan ekonomi yang meliputi pengertian dan ruang lingkup ekonomi pembangunan ekonomi, definisi dan ruang lingkup perencanaan, teknik perencanaan secara umum implementasi dan evaluasi, perencanaan pasar dan agen pemerintah, perencanaan pembangunan ekonomi daerah, seleksi strategi pembangunan ekonomi daerah, penyiapan rencana proyek secara terperinci dan tinjauan tentang perencanaan pembangunan di Indonesia.

 

 

 

ESPA4220, Teori Ekonomi Makro, 3 sks

 

Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari Pengantar Ekonomi Makro yang membahas indikator-indikator makro ekonomi, konsep pembentukan permintaan dan penawaran agregat pada perekonomian tertutup dan terbu­ka, analisis keseimbangan pada beberapa  pasar, teori dan pendekatan me­nge­nai konsumsi dan investasi, teori keseimbangan Keynes, teori dan perhitungan inflasi serta beberapa teori pertumbuhan. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah metode kuantitatif, grafis dan empiris. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro); ESPA4122 (Matematika Ekonomi).

 

 

 

ESPA4222, Matematika Ekonomi dan Bisnis, 3 sks      

 

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan konsep-konsep dan teknik-teknik dalam matematika terapan  yang sering digunakan  untuk analisis ekonomi, bisnis dan keuangan. Materi yang dibahas adalah derivatif fungsi yang terdiri dari banyak variabel bebas, matriks, nonlinier programming, diferensial, integral, serta perkenalan dengan optimisasi dinamik.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan perbandingan keseimbangan (comparative static analysis) dan analisis dinamik (dynamic analysis), menemukan  time path serta mahasiswa dapat menyelesaikan masalah optimisasi nonlinier berganda. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

 

 

ESPA4228, Ekonomi Publik, 3 sks

 

Mata kuliah ini memberikan gambaran fungsi dan peranan pemerintah agar ma­syarakat dalam mencapai tujuan atau melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonominya dilakukan secara efektif dan efisien. Mata kuliah ini menje­laskan pengaruh setiap kegiatan ekonomi pemerintah dalam kehidupan ekonomi masyarakat secara kese­luruhan termasuk cara-cara membayar segala kegiatan tersebut serta efeknya dalam kehi­dupan ekonomi masyarakatnya. Mata kuliah ini juga mencakup uraian tentang kebijakan harga barang-barang publik oleh pemerintah, pengaruh pajak terhadap pereko­nomian, pinjaman luar negeri dan pembangunan ekonomi serta distribusi pendapatan.

 

 

ESPA4229, Ekonomi Pembangunan, 3 sks

 

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan pemahaman masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang. Pembahasan mencakup definisi, pengertian dan teori pembangunan, sejarah, proses dan strategi pembangunan, peranan kebijakan fiskal, moneter dan perdagangan luar negeri dalam pembangunan ekonomi, serta kaitan antara pembangunan di negara berkembang dengan perkembangan ekonomi di negara maju.

 

 

 

ESPA4312, Ekonometrika, 3 sks 

 

Mata kuliah ini membahas pengertian dan penggunaan Ordinary Least Square (OLS), identifikasi dan pemecahan masalah berdasarkan asumsi-asumsi dasar statistik (heterokedastisitas, multikolinearitas dan korelasi serial), model dan perhitungan sesuai dengan sifat-sifat data ekonomi, regresi, serta model-model ekonometrika. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4224 (Statistika Ekonomi dan Bisnis), ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro); dan ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro).

 

 

 

ESPA4314, Perekonomian Indonesia, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh perekonomian Indonesia antara lain kebijakan sektor pertanian dan industri di Indonesia, sistem keuangan dan perbankan,  kemiskinan,  pengangguran, otonomi daerah, pembangunan ekonomi berdimensi manusia, koperasi dan permasalahan yang dihadapinya. Ditinjau dari hubungan dengan dunia internasional maka BMP ini juga mencakup berbagai permasalah perdagangan internasional, privatisasi. investasi, utang luar negeri dan tren globa­lisasi yang melanda perekonomian dunia. Modul ini juga dilengkapi oleh berbagai solusi kebijakan yang diambil pemerintah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.  Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4221 (Teori Ekono­mi Mikro); ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro).

 

 

 

ESPA4315, Metode Penelitian, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas prosedur dan metode penelitian, pelaksanaan penelitian sampai dengan penulisan hasil penelitian. Pembahasan dimulai dengan pembuatan rancangan penelitian. Rancangan penelitian mencakup rumusan permasalahan, pembentukan model atau kerangka pemikiran, identifikasi variabel sampai ke operasionalnya, pemilihan sumber data dan cara pengumpulan. Dalam bagian terakhir, penekanan diberikan cara penulisan laporan penelitian secara komperehensif. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4224 (Statis­tika Ekonomi dan Bisnis).

 

 

 

ESPA4428 Teknik dan Analisis Ekonomi, 3 sks

Mata kuliah ini membahas aplikasi metode dan tahapan penelitian, konsep dan pengembangan permodelan ekonomi, analisis dan penyajian data, penjelasan contoh kasus penelitian ekonomi dan teknik penulisan laporan penelitian. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan analisis ekonomi dalam penelitian di bidang ekonomi.

 

 

 

ESPA4316, Sejarah Pemikiran Ekonomi, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas perkembangan pemikiran ekonomi dan kontroversinya, pemikiran ekonomi pra klasik dan klasik, Ekonomi Sosialis , Ekonomi Neo Klasik , Aliran kelembagaan, Revolusi Teori Ekonomi serta pertumbuhan dan distribusi pendapatan.

 

 

 

ESPA4317, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas peranan sumber daya alam dan lingkungan dalam pembangunan ekonomi. Secara terinci materi yang disajikan meliputi, peranan sumber daya alam untuk pertumbuhan ekonomi, jenis dan kategori sumber daya alam, berbagai program pengelolaan agar pembangunan ekonomi berkesinam­bungan  sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat dan terjaganya kelestarian sumber daya alam dan lingkungan. Selain itu juga membahas perhitungan dan analisis neraca penggunaan serta evaluasi sumber daya alam dan lingkungan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro I) dan ESPA4222 (Matematika Ekono­mi dan Bisnis).

 

 

 

ESPA4318, Sistem Ekonomi, 2 sks

 

Mata kuliah ini membandingkan dua bentuk sistem perekonomian yang ekstrim yaitu kapitalisme dan sosialisme. Pembahasan meliputi materi sifat-sifat sistem perekonomian tersebut beserta lembaga-lembaganya. Selain itu membahas pula aspek kebaikan dan keburukan dari sistem kapitalisme dan sosialisme yang dida­sarkan pada performance criteria, ciri-ciri khusus dari sistem perekonomian saat ini, analisis sistem ekonomi pasar, sistem perencanaan dan negara-negara yang sudah termasuk dalam kategori negara sejahtera. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro) dan ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro).

 

 

 

ESPA4319, Ekonomi Sumber Daya Manusia, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas peranan penduduk sebagai faktor produksi dan tenaga kerja yang merupakan pelaksanaan  dalam proses pembangunan Secara rinci materi yang disajikan meliputi  konsep ekonomi sumber daya manusia secara umum, konsep tenaga kerja, keseimbangan dalam pasar tenaga kerja yang meliputi penawaran dan permintaan tenaga kerja, tingkat partisipasi angkatan kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, migrasi dan human capital, pengangguran dan jenis-jenisnya dan cara menang­gulangi. Selain itu juga dibahas tentang investasi pada sumber daya manusia  untuk peningkatan kesejahteraan, perencanaan tenaga kerja, bentuk organisasi pengusaha dan serikat pekerja serta kebijakan hubungan industrial antar pengusaha dan pekerja. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro); dan ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro).

 

 

 

ESPA4320, Teori Ekonomi Makro Lanjutan, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas permintaan aggregat perekonomian tertutup, absorsi domestik, permintaan aggregat perekonomian terbuka, penawaran aggregat perekonomian tertutup, penawaran agregat perekonomian terbuka, penawaran agregat menurut pendangan lain, keseimbangan ekonomi makro, keseimbangan perekonomian terbuka dan model pertumbuhan ekonomi satu sektor. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa di program studi Ekonomi  Pembangunan mempunyai  perspektif dan kemampuan menganalisis keseimbangan ekonomi umum, baik untuk perekonomian tertutup maupun perekonomian terbuka. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro).

 

 

ESPA4321, Teori Ekonomi Mikro Lanjutan, 3 sks

 

BMP ESPA4321 Teori Ekonomi  Mikro Lanjutan merupakan pendalaman dari Teori Ekonomi Mikro yang berisi pembahasan mengenai analisis prilaku produsen dan konsumen, teori produksi, teori biaya, ketidakpastian, analisis teori harga pada berbagai bentuk pasar, teori permainan (game theory) dan analisis teori keseimbangan umum. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro).

 

 

ESPA4323, Ekonomi Koperasi, 2 sks

 

Mata kuliah ini bertujuan memberi gambaran fungsi dan peranan dari Koperasi di Indonesia dalam kegiatannya mendukung pemerintah. Mata kuliah ini menjelaskan mengenai perkoperasian di Indonesia, dimana di dalamnya terdapat sejarah berdirinya koperasi sampai dengan peranan koperasi dalam menopang kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia. Lebih lanjut BMP Ekonomi Koperasi akan membahas antara lain: Pertama, sejarah koperasi. Kedua, manajemen koperasi. Ketiga, koperasi sebagai badan usaha. Keempat, koperasi dalam berbagai struktur pasar. Kelima, teori ketidakpastian koperasi. Keenam, koperasi dalam pembangunan sosial ekonomi di Indonesia. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro), ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro), EKMA4111 (Pengantar Bisnis).

 

 

 

ESPA4420 Ekonomi Keuangan Internasional, 3 sks

 

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam memahami keuangan internasional. Modul ini berisi berbagai materi tentang keuangan internasional, antara lain sistem pembayaran, integrasi ekonomi internasional, pasar modal internasional dan neraca pembayaran internasional. Setelah membaca dan mempelajari modul ini mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai fenomena dan masalah dalam manajemen keuangan internasional. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4226 (Ekonomi Internasional); ESPA4227 (Ekonomi Moneter).

 

 

 

ESPA4414, Ekonomi Pembangunan II, 3 sks

 

ESPA 4414 Ekonomi Pembangunan merupakan pendalaman materi dari Ekonomi Pembangunan I yang berisi pokok bahasan mengenai pengertian dan teori ekonomi pembangunan, masalah kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan,dualisme pembangunan, paradigma pembangunan berdimensi manusia, hutang luar negeri, Trans National Corporation, pembangunan industri dan privatisasi BUMN. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa di program studi Ekonomi  Pembangunan mempunyai kemampuan menganalisis masalah-masalah ekonomi dan berusaha mencari pemecahan atas permasalahan tersebut dengan kebijakan yang tepat. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro); ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro); ESPA4229 (Ekonomi Pembangunan).

 

  

 

ESPA4415, Ekonomi Pertanian, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas materi yang berkaitan dengan landasan dasar dari prinsip-prinsip dan metode analitis teori ekonomi yang dipakai untuk memecahkan masalah ekonomi di bidang pertanian. Materi Ekonomi Pertanian meliputi penje­lasan mengenai perilaku unit-unit mikro di sektor pertanian hingga tercapai keseimbangan pasar. Penekanan yang diberikan pada konsep-konsep mengenai unit produksi berikut permasalahan yang mungkin timbul, merupakan indikator pentingnya kebijakan-kebijakan yang dapat memotivasi produsen sektor pertanian (pelaku agribisnis).

 

 

 

ESPA4421, Kebanksentralan dan Kebijakan Moneter, 3 sks

 

ESPA4421 Kebanksentralan dan Kebijakan Moneter ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam memahami fungsi dan peran bank sentral di dalam perekonomian. Materi yang disampaikan tidak hanya mencakup landasan teori yang mendasari fungsi dan peranan bank sentral, namun disertai dengan gambaran secara komprehensif penerapan fungsi bank sentral di Indonesia serta keterkaitannya dengan perekonomian Indonesia. Cakupan materi di dalam BMP ini diawali dengan materi kelembagaan bank sentral, manajemen bank sentral, stabilitas sistem keuangan, kemudian konsep dan teori perbankan, konsep dan kebijakan sistem pembayaran, sistem dan kebijakan pengedaran uang,kebijakan moneter, instrumen kebijakan moneter, dan terakhir adalah  kebijakan nilai tukar dan sistem devisa. Setelah mempelajari matakuliah ini, Anda diharapkan mampu menunjukkan fungsi dan peran bank sentral di dalam perekonomian dan praktiknya diberbagai Negara serta bentuk organisasi, perkembangan Bank Indonesia secara kelembagaan, dan proses pengambilan keputusan di Bank Indonesia dalam menetapkan kebijakan moneter.

 

 

 

ESPA4512, Sejarah Perekonomian, 3 sks

 

Mata kuliah ini merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang proses perubahan pada perekonomian dunia, baik dari sisi perkembangan, pembangunan maupun pertumbuhan ekonomi.

 

 

 

ESPA4513, Ekonomi Industri,  3 sks 

 

Mata kuliah ini membahas permasalahan struktur, perilaku dan kinerja industri, pengaruh struktur pada penerapan harga dan kesejahteraan masyarakat, usaha-usaha yang mempengaruhi kinerja industri oleh pemerintah, mengidentifikasi bentuk-bentuk pasar, menganalisis pengaruh pasar yang bisa dikategorikan sempurna dan tidak sempurna, serta memberikan alternatif bagi solusi atas ketidak­sempurnaan pasar sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro).

 

 

 

ESPA4424 Analisis Pembangunan Ekonomi, 3 sks

 

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam memahami berbagai teori, indikator pengukuran dan berbagai alat analisis yang dapat digunakan untuk membangun kerangka teoritis dan menganalisis kajian aplikatif isu-isu, masalah dan kebijakan dalam proses pembangunan ekonomi baik regional maupun nasional. Materi yang disampaikan tidak hanya mencakup landasan teori yang mendasari pembangunan ekonomi, namun disertai dengan memberikan gambaran dalam bentuk kajian aplikatif secara komprehensif yang mencakup isu, masalah-masalah dan kebijakan yang melekat dalam proses pembangunan ekonomi. Cakupan pembahasan materi di dalam BMP diawali dengan materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, kependudukan, migrasi dan pembangunan, sumber keuangan dalam pembangunan, perdagangan internasional dan pembangunan ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan, kemiskinan dan kesenjangan pendapatan dalam pembangunan, analisis pembangunan ekonomi daerah, dan kelembagaan dalam pembangunan. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan isu, permasalahan dan kebijakan dalam proses pembangunan dengan menggunakan berbagai teori, indicator dan alat analisis ekonomi pembangunan baik dalam lingkup pembangunan regional maupun nasional.

 

 

 

ESPA4524, Sistem Keuangan Pusat dan Daerah, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas sistem pemerintahan di Indonesia yang telah mem­berlakuan sistem otonomi daerah. Masalah krusial dalam sistem ini yaitu kekuatan keuangan daerah untuk peningkatan kesejahteraan masya­rakat. Oleh karena itu materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: sistem keuangan di Indonesia, dimana didalamnya terdapat materi mengenai APBN, kebijakan fiskal dan aspek didalamnya, desentralisasi fiskal, faktor pendukung fiskal, otonomi daerah dan distribusi pendapatan serta hubungan keuangan pusat dan daerah. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4228 (Ekonomi Publik).

 

 

 

 

ESPA4425,  Ekonomi Regional, 3 sks

 

Mata kuliah ini membahas tentang perilaku ekonomi manusia pada dimensi wilayah dan spasial (tata ruang) yang meliputi: konsep wilayah, teori lokasi, aktivitas distribusi spasial, struktur spasial perekonomian kota, analisis pasar tenaga kerja regional, teknik analisis wilayah (seperti: model basis ekonomi; analisis shift share; dan model input output)  dan teori pertumbuhan ekonomi wilayah.  Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4222 (Matematika Ekonomi dan Bisnis); ESPA4220 (Teori Ekonomi Makro); ESPA4221 (Teori Ekonomi Mikro).

 

 

ESPA4527, Ekonomi Perkotaan dan Transportasi, 3 sks

 

Mata kuliah Ekonomi Perkotaan dan transportasi ini membahas tentang pendekatan teori ekonomi dalam dimensi spasial (tata ruang) yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai isu di perkotaan mulai dari bagaimana proses terbentuknya kota dengan aktivitas kegiatannya, berbagai fenomena dan permasalahan ekonomi perkotaan seperti: sewa lahan dan tata guna lahan; perumahan; kemiskinan; peran penting transportasi perkotaan, berbagai masalah lain di perkotaan, serta manajemen perkotaan.