Logo FEKON2

 

 

 

 

 

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

FAKULTAS EKONOMI

Program Studi : 54/Manajemen (S1)

 

Kelompok Mata Kuliah Manajemen

 

EKMA4111, Pengantar Bisnis, 3 sks


Mata kuliah ini membahas berbagai prinsip dan konsep dasar bisnis yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan operasional utama kegiatan bisnis (bidang sumber daya manusia, pemasaran, operasi, dan keuangan) dalam menghadapi situasi lingkungan dan praktek bisnis masa kini dan mendatang. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui tentang bisnis dan lingkungannya, bentuk-bentuk badan usaha, proses manajemen, kewirausahaan, pengelolaan organisasi dan sumberdaya manusia dalam bisnis, motivasi, kepemimpinan, hubungan industrial, pengelolan produksi/operasi dalam bisnis, ruang lingkup manajemen pemasaran, keputusan bauran pemasaran, pengelolaan keuangan perusahaan, pasar uang, pasar saham dan good corporate di Indonesia.

 

 


EKMA4115, Pengantar Akuntansi, 4 sks


Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi, siklus akuntansi yang dimulai dari proses pencatatan transaksi (jurnal), pembukuan (posting), neraca lajur, serta penyusunan laporan keuangan pada suatu unit usaha atau perusahaan. Mata kuliah ini juga membahas tentang akuntansi perusahaan dagang, persekutuan, perseroan, investasi jangka panjang, obligasi dan modal saham dan sistem akuntansi biaya pesanan serta pengendalian internnya.

 

 


EKMA4116, Manajemen, 4 sks


Mata kuliah ini membicarakan topik-topik yang bertalian dengan upaya manajemen suatu organisasi dalam kegiatannya agar tujuan organisasi tercapai dengan efisien dan efektif. Materi yang dibahas antara lain mengenai: planning, organizing, actuating, controlling. Selain itu dibahas pula bahasan tentang pengelolaan perubahan, globalisasi, good corporate governance, etika bisnis.

 

 


EKMA 4312 Ekonomi Manjerial, 3 sks


Mata kuliah ini merupakan aplikasi dari matakuliah Teori Ekonomi Mikro yang berkaitan dengan berbagai jenis produk, pasar dan cakupan dari struktur pasar dalam persaingan tentang harga dan non harga serta kebutuhan tenaga kerja. Aplikasi matakuliah ini juga bertujuan pada implementasi mengelola bisnis dalam merancang strategi bersaing untuk pengambilan keputusan.

 

 


EKMA4157, Organisasi, 3 sks


Mata kuliah ini membahas berbagai pengertian dan konsep organisasi, lingkungan organisasi, efektifitas organisasi, birokrasi organisasi, kompleksitas organisasi, formalisasi, sentralisasi, teknologi organisasi, dan struktur organisasi. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4116 (Manajemen) dan EKMA4111 (Pengantar Bisnis).

 

 


EKMA4212, Pengantar Aplikasi Komputer, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang perangkat lunak, sistem informasi, aplikasi di bidang bisnis, dan masa depan komputer serta teknologi informasi.

 

 


EKMA4473 Pengembangan Produk, 2 sks


Mata kuliah ini membahas materi mengenai pengembangan produk baru dalam perusahaan. Setelah mempelajari materi ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengembangan produk baru mulai dari munculnya inovasi sampai pada peluncuran produk. Buku Materi Pokok ini menggunakan pendekatan manajemen operasi dan manajemen pemasaran sehingga mahasiswa perlu untuk memiliki kemampuan dasar mata kuliah Manajemen Operasi dan Manajemen Pemasaran. Pembahasan dimulai dari pengertian inovasi sebagai embrio terbentuknya produk baru sampai pada proses pengembangan produk dan peluncuran produk baru. Pembahasan dimulai dengan materi mengenai inovasi, dilanjutkan dengan perencanaan produk, analisis lingkungan yang terdiri dari analisis pesaing dan analisis pelanggan. Pembahasan berikutnya adalah proses pengembangan produk, dilanjutkan dengan pemilihan proses dan teknologi, dan diakhiri dengan peluncuran produk. Prasyarat: EKMA4215 (Manajemen Operasi) dan EKMA4216 (Manajemen Pemasaran)

 

 


EKMA4213, Manajemen Keuangan, 3 sks


Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa untuk mengerti fungsi utama seorang manajer keuangan dan keputusan penting yang harus diambil melalui laporan keuangan dan analisis keuangan lainnya. Mahasiswa juga diharapkan menguasai konsep manajemen keuangan dan teknik yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut dalam dunia nyata, salah satunya pengaturan aktiva lancar dan pendanaan jangka pendek (manajemen modal kerja). Materi lain yang dibahas yaitu mengenai keputusan investasi, metode penilaian investasi serta keputusan pendanaan, yang menyangkut jenis pendanaan jangka menengah dan jangka panjang, kebijakan deviden, sumber pendanaan, merger dan akuisisi, reorganisasi dan likuidasi serta keuangan internasional. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4111 (Pengantar Bisnis), EKMA4115 (Pengantar Akuntansi).

 

 


EKMA4214, Manajemen Sumber Daya Manusia, 3 sks
Mata kuliah ini berisi tentang aktivitas-aktivitas yang dirancang untuk mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi yang meliputi perencanaan SDM, perekrutan, pengembangan SDM, pemberian kompensasi, pemeliharaan SDM serta penyelenggaraan hubungan ketenagakerjaan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4111 (Pengantar Bisnis).

 

 


EKMA4215, Manajemen Operasi, 3 sks


Mata kuliah ini membahas ruang lingkup manajemen operasi, peranan manajemen operasi dalam pasar global, strategi operasi, desain produk, perencanaan kapasitas produksi, perencanaan lokasi pabrik, desain proses produksi, perencanaan layout pabrik, penentuan jumlah mesin dan luas area, manajemen persediaan, perencanaan kebutuhan material, Just In Time (JIT), pengawasan kualitas dan konsep biaya relevan dalam keputusan produksi. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4111 (Pengantar Bisnis).

 

 


EKMA4216, Manajemen Pemasaran, 3 sks


Mata kuliah ini berisi tentang peran pemasaran dalam masyarakat/perusahaan, proses manajemen dan strategi pemasaran, perilaku konsumen, segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar, dan pemosisian pasar, pengelolaan produk dan pengembangan produk baru, daur hidup produk, strategi harga, strategi distribusi, serta strategi promosi. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4111 (Pengantar Bisnis).

 

 


EKMA4263, Manajemen Kinerja, 3 sks


Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep sistem manajemen kinerja maupun perancangan sistem yang kontekstual. Materi yang dikaji pada matakuliah ini berisikan perancangan kerangka kerja yang berhubungan dengan keluaran organisasi, kemampuan sumberdaya, serta implementasi manajemen kinerja untuk kebutuhan masing- masing perusahaan. Pemanfaatan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kerangka kerja perusahaan melakukan evaluasi dan umpan balik dari sistem manajemen kinerja.

 

 


EKMA4265, Manajemen Kualitas, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang penerapan prinsip-prinsip manajemen kualitas dalam operasi perusahaan, alat-alat yang dapat digunakan untuk pengendalian kualitas serta audit kualitas internal. Pembahasan dimulai dari penjelasan tentang konsep manajemen kualitas, total quality management, just in time, total quality service, kepemimpinan kualitas, quality assurance,dan ISO 9000. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai alat-alat teknis yang dapat digunakan untuk pengendalian kualitas serta cara-cara melakukan audit kualitas internal. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4111 (Pengantar Bisnis) dan EKMA4215 (Manajemen Operasi).

 

 


EKMA 4316 Hukum Bisnis, 2 sks


Mata kuliah ini membahas dasar-dasar hukum dan penjelasan pemahaman aspek hukum dalam kegiatan bisnis pada hukum perjanjian dan asuransi, hubungan hukum yang timbul dalam praktik kegiatan bisnis, hukum tentang perseroan terbatas dalam dunia usaha, hukum perbankan, perlindungan hukum atas kekayaan intelektual, hukum pasar modal dan hukum surat berharga, serta aspek hukum yang ditimbulkan pada persaingan usaha dan perlindungan konsumen, larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat termasuk Komisi Pengawasan

 

 


EKMA4311, Studi Kelayakan Bisnis, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang penelitian tentang layak-tidaknya suatu rencana dan operasional suatu bisnis tertentu dalam mencapai keuntungan maksimal dalam waktu yang tidak ditentukan. Penelitian kelayakan tersebut menyangkut berbagai aspek yang meliputi baik aspek hukum, sosial, ekonomi, budaya, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi serta aspek manajemen dan keuangan, yang keseluruhannya itu digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidak dijalankan. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4215 (Manajemen Operasi), EKMA4216 (Manajemen Pemasaran), EKMA4213 (Manajemen Keuangan) dan EKMA4214 (Manajemen Sumber Daya Manusia).

 

 


EKMA4314, Akuntansi Manajemen, 3 sks


Mata kuliah ini membahas mengenai penerapan teori dan konsep-konsep Akuntansi Manajemen dalam membantu entitas bisnis guna perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan finansial. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4315 (Akuntansi Biaya).

 

 


EKMA4315, Akuntansi Biaya, 3 sks


Mata kuliah ini membahas proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian informasi biaya untuk menentukan harga pokok produksi, baik menggunakan metode harga pokok pesanan, metode biaya standar maupun menggunakan metode harga pokok proses pada perusahaan manufaktur, konsep activity based costing. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4115 (Pengantar Akuntansi).

 

 


EKMA4366, Pengembangan SDM, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang berbobot 3 SKS. Setelah mempelajari mata kuliah Pengembangan SDM, Anda diharapkan memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang konsep dasar pengembangan SDM, teori dan perspektif pengembangan SDM, program-program pengembangan SDM yang mencakup pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan organisasi belajar, pengembangan kinerja dan pengembangan karir, serta evaluasi pengembangan SDM.

 

 


EKMA4369, Manajemen Operasi Jasa, 3 sks


Manajemen Operasi Jasa membahas berbagai masalah penting penerapan manajemen operasi jasa dalam perusahaan. Pembahasan ditekankan pada dasar-dasar manajemen operasi jasa, penerapan dan teknik-teknik operasi jasa yang meliputi pengertian manajemen operasi jasa, desain sistem operasi jasa, strategi operasi jasa, pengukuran kinerja, penentuan lokasi fasilitas, penentuan tata letak, teori antrean, perencanaan sumber daya operasi jasa.

 

 


EKMA4370, Kewirausahaan, 3 sks


Mata kuliah Kewirausahaan termasuk dalam kelompok mata kuliah keahlian berbobot 3 SKS. Konsep Kewirausahaan berkembang tidak hanya terbatas pada mengorganisasikan, mengelola dan menanggung risiko sebuah usaha, namun juga mencakup penggagas dan pengembang usaha yang mampu mengenali dan memanfaatkan peluang, Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami perkembangan konsep kewirausahaan, kreatifitas, inovasi, dan entrepreneurship, pengenalan usaha kecil, produk/jasa yang sesuai untuk usaha kecil, persyaratan pengusaha kecil, keterbatasan pengusaha kecil dan pilihan produk/jasa yang sesuai serta dasar-dasar evaluasi dan metode pembandingan rencana investasi.

 

 


EKMA4412, Penganggaran, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang proses penyusunan anggaran operasional dan keuangan perusahaan. Materi didalamnya meliputi: gambaran umum anggaran perusahaan yang diawali dari perencanaan dan fungsi anggaran hingga proses dan penyusunan anggaran seperti; anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran biaya-biaya komersial, standar biaya tidak langsung, anggaran utang-piutang, anggaran persediaan dan anggaran perubahan aktiva tetap, anggaran kas, penyusunan laporan anggaran, analisis keuangan dan akuntansi dalam penyusunan anggaran serta penganggaran nirlaba. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4213 (Manajemen Keuangan).

 

 


EKMA4413, Riset Operasi, 3 sks


Mata kuliah ini membahas masalah penugasan, pengendalian persediaan, linear programming (metode grafik dan simpleks), metode tranpotasi, jaringan kerja, teori antrian, teori keputusan serta game theory. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

 

 


EKMA4414, Manajemen Strategik, 3 sks


Mata kuliah ini memberikan gambaran yang utuh dan sistematis mengenai berbagai pengertian dan konsep yang berkaitan dengan manajemen strategik, yang meliputi pembahasan tentang komponen madzab dan evolusi manajemen strategik, analisis lingkungan bisnis baik makro maupun mikro, serta konstruksi skenario. Pembahasan selanjutnya terkait dengan penggunaan berbagai alat analisis dalam manajemen strategik seperti analisis TOWS, matrik pertumbuhan pangsa pasar serta matrik daya tarik industri. Berikutnya mata kuliah ini membahas tentang visi dan misi perusahaan serta pemilihan serta penerapan berbagai strategi baik di tingkat korporat, maupun tingkat unit usaha. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4215 (Manajemen Operasi), EKMA4216 (Manajemen Pemasaran), EKMA4213 (Manajemen Keuangan) dan EKMA4214 (Manajemen Sumber Daya Manusia).

 

 


EKMA4434, Sistem Informasi Manajemen, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dasar sistem informasi manajemen; peranan sistem informasi dalam pengambilan keputusan manajemen; aplikasi sistem informasi di organisasi; pengembangan sistem informasi dengan metodologi pengembangan sistem terstruktur; penggunaan teknologi sistem komputer (computer system) yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software); pemanfaatan sistem basis data dengan membedaakan organisasi file tradisional dan organisasi file basis data untuk menghasilkan suatu informasi; pengendalian secara umum dan khusus dengan keamanan sistem informasi (information systems control and security) serta pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya informasi dengan aplikasi internet untuk kepentingan bisnis.

 

 


EKMA4442, Manajemen Koperasi, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang pengertian koperasi, lingkungan koperasi Indonesia, tim manajemen koperasi, dasar-dasar manajemen yang dilanjutkan dengan aplikasi fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan fungsi pengarahan yang disesuaikan dengan kondisi koperasi, termasuk administrasi dan keuangan koperasi.

 

 

 

EKMA4478, Analisis Kasus Bisnis, 3 sks


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang menghantarkan mahasiswa untuk menempuh Tugas Akhir Program (TAP) sebagai tahapan terakhir mahasiswa untuk mengakhiri masa studinya di Program Studi Manajemen. Mata Kuliah ini membahas kasus-kasus dalam dunia bisnis yang meliputi empat mata kuliah yatu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Pembahasan ditekankan pada teori-teori inti keempat mata kuliah pendukung TAP yang meliputi pembahasan mengenai laporan keuangan dan rasio keuangan; profitabilitas investasi dan struktur modal; penentuan lokasi dan manajemen proyek; tingkat persediaan dan kapasitas; analisis dan desain jabatan serta perencanaan karyawan; pengupahan, penilaian kinerja dan motivasi; segmentasi pasar, targetting, positioning, dan differentiating; produk, harga, dan saluran komunikasi pemasaran. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4213 (Manajemen Keuangan), EKMA4214 (Manajemen Sumber Daya Manusia), EKMA4215 (Manajemen Operasi), EKMA4216 (Manajemen Pemasaran).

 

 


EKMA4565, Manajemen Perubahan, 2 sks


Mata kuliah ini membahas tentang perubahan organisasional yang memfokuskan pada penyebab perubahan, pendekatan dalam perubahan, bentuk strategi dan tingkatan perubahan, diagnosis organisasi, pengembangan organisasi, agen perubahan, intervensi perubahan dan budaya organisasi.

 

 


EKMA4567, Perilaku Konsumen, 3 sks


Mata kuliah perilaku konsumen ini membahas tiga bagian besar yaitu konsumen sebagai individu, konsumen sebagai bagian dari anggota masyarakat dan pengambilan keputusan konsumen. Pembahasan mata kuliah ini diawali dengan materi tentang konsep-konsep dasar perilaku konsumen, persepsi, pembentukan sikap dan perubahannya, kepribadian sebagai diterminan internal yang mempengaruhi perilaku seorang konsumen. Disamping itu dibahas juga masalah faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi pengaruh kelompok, keluarga, kelas sosial, serta pengaruh budaya baik lokal maupun global (antar budaya). Selain itu, dibahas juga tentang topik pengambilan keputusan konsumen yang meliputi konsep dasar pengambilan keputusan itu sendiri, proses pengambilan keputusan, dan model-model pengambilan keputusan konsumen. Untuk mempertajam pembahasan, mata kuliah ini juga dilengkapi dengan sejumlah studi kasus, baik kasus di Indonesia maupun di sejumlah negara asing. Selanjutnya, pembahasan ditutup dengan menyajikan hal-hal yang terkait dengan penelitian di seputar perilaku konsumen, konsumerisme, lembaga perlindungan konsumen, serta perilaku konsumen di era global. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4216 (Manajemen Pemasaran).

 

 


EKMA4568, Pemasaran Jasa, 3 sks


Mata kuliah ini menjelaskan tentang pemasaran jasa dengan menggunakan pendekatan hubungan pelanggan yang berorientasi pada paradigma relationship marketing. Secara khusus, mata kuliah ini membahas tentang dinamika dan pentingnya pemasaran jasa, perilaku pelanggan serta bagaimana memahami harapan pelanggan, bauran pemasaran jasa, pengembangan jasa baru, kepuasan pelanggan dan manajemen kualitas jasa. Pembahasan selanjutnya dikembangkan pada peran penting SDM dalam bisnis jasa serta efek ekonomi dan financial dalam bisnis jasa. Disarankan setelah menempuh mata kuliah: EKMA4216 (Manajemen Pemasaran).

 

 


EKMA4569, Perencanaan Pemasaran, 3 sks


Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar perencanaan pemasaran dan proses penyusunannya, perancangan dan pengembangan perencanaan pemasaran, penyusunan sasaran dan tujuan pemasaran, perencanaan produk, perencanaan komunikasi pemasaran, perencanaan penjualan personal, perencanaan harga, perencanaan saluran pemasaran, serta pengorganisasian untuk perencanaan pemasaran.